Minggu, 02 Oktober 2011

Kata Pengantar

Saat masih kuliah, dosen pembimbing akademik saya selalu menyarankan untuk mengambil mata kuliah kewirausahaan, karena menurutnya di masa sekarang dan akan datang sangat penting memiliki kemampuan berwirausaha. Bekerja di bidang apapun kemampuan ini akan sangat berguna.
Namun sampai lulus kuliah saya tidak pernah mengambil mata kuliah tersebut, karena saya pikir tidak penting dan menjamin kita bisa menjadi pengusaha? Lagi pula itu mata kuliah pilihan, tak masalah tak diambil juga.
Selepas kuliah dan bergabung dengan Sekolah Alam Bogor, maka semua pemikiran saya tentang kewirausahaan berubah drastis. Saat magang di Sekolah Alam Ciganjur dan mendengarkan pemaparan Bang Lendo saat open house Sekolah Alam Bogor, saya tersadar bahwa jiwa kewirausahaan itu penting dimiliki setiap orang dan harus diajarkan sejak dini.
Pernyataan diatas diambil dari pengakuan seseorang mengenai pentingnya mengikuti mata kuliah kewirausahaan. Mumpung kita masih kuliah dan belum menyesal, mari kita bangkitkan semangat kewirausahaan dalam diri. Dalam rangka menghadapi era perdagangan bebas, kita ditantang bukan hanya untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang siap bekerja, melainkan juga harus mampu mempersiapkan dan membuka lapangan kerja baru. Membuka dan memperluas lapangan kerja baru merupakan kebutuhan yang sangat mendesak.
Masyarakat kita dididik untuk menjadi para pencari kerja. Dengan kondisi perekonomian yang tidak stabil, kemapanan dan keamanan dalam bekerja adalah tujuan utama, dan kemapanan tersebut didapat saat kita menjadi karyawan yang mendapat gaji bulanan yang tetap. Sekolah, kuliah, dan melamar pekerjaan sudah menjadi tradisi di negeri kita.

0 komentar:

Posting Komentar